Senin, 15 April 2013


METODE PENILITIAN



PENENTUAN TEMA
Tema yang diambil dalam karangan Ilmiah ini adalah tentang ‘PEMASARAN’.

PENENTUAN JUDUL
Judul yang diambil adalah ‘ANALISIS STRATEGI PEMASARAN RESTORAN PIZZA HUT BEKASI-SQUARE’.

LATAR BELAKANG
Peluang  pasar di bidang industri makanan semacam pizza ternyata sangat terbuka luas. Terbukanya peluang ini disebabkan karena adanya pergeseran pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat perkotaan. Salah satu jenis usaha yang terkait dengan penyediaan makanan di disertai dengan pelayanan adalah melalui bisnis restoran pizza. Di Indonesia, restoran pizza yang pertama kali hadir adalah Pizza Hut, tepatnya pada tahun 1984. Dengan kata lain Pizza Hut adalah pelopor hadirnya restoran dengan hidangan asing berupa pizza di Indonesia karena melihat peluang pasar variasi makanan alternatif yang sangat besar. Saat ini Pizza Hut mudah ditemui di kota-kota dan Mall seluruh Indonesia. Pemegang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati Kencana. Restoran Pizza Hut di Indonesia ternyata begitu cepat berkembang, bahkan berkembang lebih pesat dibandingkan dengan Pizza Hut di beberapa negara. Saat ini jumlah restoran Pizza Hut di Indonesia sudah mencapai 12.000 restoran yang seluruh Indonesia. Bisnis ini memberikan  kontribusi yang cukup besar dalam menyediakan  lapangan pekerjaan untuk masyarakat, dimana telah menampung sekitar 30.000+ tenaga kerja pada tahun 1997-sekarang dan ditargetkan akan menerima sekitar seribu tenaga kerja setiap tahunnya.. Kemudian didirikan  tiga restoran lagi yang didirikan di Mall karena perkembangannya cukup pesat, yang berlokasi di daerah Bekasi-Metropolitan Mall, Giant Hypermart dan di Bekasi Square. Dengan demikian, saat ini terdapat tiga restoran Pizza Hut di Mall Kota Bekasi dan menampung sekitar 150 tenaga kerja. Namun,perkembangan dalam  industri penyediaan pangan seperti restoran Pizza Hut semakin berkembang. Hal ini dapat terlihat dari hadirnya sejumlah restoran baru makanan jenis pizza. Kehadiran  restoran-restoran pizza yang baru ini menjadi suatu tantangan bagi Pizza Hut untuk meningkatkan kemampuan bersaing serta memperluas pangsa pasarnya. Selain untuk menghadapi pesaing dari restoran pizza sejenis, Pizza Hut juga perlu menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam industri penyediaan  pangan dari berbagai jenis restoran waralaba lain dengan produk yang berbeda-beda. Pizza Hut memerlukan strategi pemasaran terbaik untuk mempertahankan dan meningkatkan usahanya. Oleh karena itu, diperlukan suatu studi yang mampu mempelajari dan menganalisis bauran pemasaran restoran pizza dalam strategi pemasaran restoran Pizza Hut untuk menghasilkan strategi pemasaran yang paling efektif untuk diterapkan oleh Pizza Hut dalam mengembangkan usahanya.

RUMUSAN MASALAH
Berkembangnya industri penyediaan pangan di Indonesia memberikan dampak positif bagi peningkatan kesempatan kerja. Namun, perkembangan ini menimbulkan semakin ketatnya persaingan dalam merebut pasar konsumen. Pesaing pada industri penyediaan pangan di Mall Bekasi mulai bermunculan, serta menerapkan sistem waralaba sama seperti Pizza Hut. Walaupun dengan system waralaba tidaklah  mudah untuk membangun restoran baru, namun banyak restoran baru yang bermunculan di Bogor dan menarik perhatian yang besar dari para konsumen. Untuk itu, Pizza Hut sebagai bagian dari bisnis industry penyediaan pangan memerlukan penelitian dan pengembangan yang  jitu tentang bagaimana caranya mengatur bauran pemasaran terbaik untuk mempertahankan dan meningkatkan usahanya dalam iklim persaingan yang semakin tinggi saat ini. Dengan adanya fakta di atas maka dapat dirumuskan permasalahan yang timbul adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan?
2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyusunan strategi pemasaran
     perusahaan?
3. Bagaimana strategi pemasaran yang paling tepat untuk diterapkan di
     perusahaan?

TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan strategi pemasaran perusahaan.
2. Menentukan prioritas strategi pemasaran perusahaan.
3. Merekomendasikan strategi pemasaran untuk diterapkan oleh perusahaan

MANFAAT PENELITIAN
Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang berarti bagi pihak-pihak yang memerlukannya, antara lain :
1. Bagi penulis untuk menambah wawasan dalam bidang pemasaran dan
    menciptakan kemampuan dalam  memilih prioritas strategi  pemasaran.
2. Bagi perusahaan sebagai masukan dan rekomendasi yang bisa
    dipertimbangkan untuk pengembangan perusahaan
3. Bagi pembaca sebagai bahan kajian  mengenai pemasaran restoran dan
    sebagai rujukan bagi penelitian selanjutnya.


HIPOTESIS
Sebagaimana yang telah diuraikan dalam bab I bahwa ada lima  pertanyaan yang hendak dijawab dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil  analisis maka beberapa kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah:
1. Bagaimana pengaruh strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran  pada  perusahaan pizza hut bekasi-square Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa strategi pemasaran  berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja perusahaan untuk perusahaan produk di Indonesia.

SIMPULAN
Jadi, pada penelitian Strategi bauran pemasaran pada restoran Pizza Hut Bekasi square ini menggunankan metode analisis SWOT. Data yang dipakai oleh penulis adalah data primer dan sekunder. 

1 komentar: